Thursday, April 26, 2007

Belanja Bijak dalam Keluarga

1. Mencatat semua pengeluaran yang Anda dan keluarga lakukan dalam setiap bulannya.
Tujuannya untuk memberikan masukan terhadap, bagaimana sebenarnya Anda menggunakan uang Anda. Hal ini akan memberikan manfaat yang besar bagi perencanaan pengeluaran khususnya dan perencanaan keuangan keluarga secara menyeluruh pada umumnya.

2. Tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua kartu.
Hal pertama adalah setiap kartu kredit mengharuskan Anda membayar fee tahunan yang besarnya berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu. Hal kedua adalah Anda harus menyisihkan waktu lebih banyak untuk berurusan dengan tagihan kartu kredit. Hal terakhir, harus Anda ingat baik-baik bahwa kartu kredit merupakan utang.

3. Keputusan untuk membeli haruslah didasari oleh sebuah kebutuhan, jangan Anda membelinya hanya karena dorongan atau ketertarikan karena promosi serta iklan besar-besaran.

4. Menyisihkan sedikit demi sedikit secara berkala untuk tujuan masa datang.
Dari hasil gaji setiap bulan atau arus masuk yang didapat secara cermat Anda harus mengaturnya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan keuangan keluarga. Tapi satu hal yang harus Anda ingat adalah menyisihkan sebagian, walau kecil, untuk tujuan masa datang. Dan hal ini harus Anda lakukan secara teratur setiap bulan.

5. Mencegah kebiasaan berbelanja dengan menghindari belanja sebagai salah satu rekreasi keluarga. Terkadang dengan jalan-jalan di mal yang tadinya hanya untuk melihat-lihat atau window shopping tapi pada akhirnya mendorong Anda untuk berbelanja walau sebelumnya niat Anda hanya untuk melihat-lihat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home