Tuesday, April 18, 2006

Tips Menghemat Air

Mungkin gak banyak yang tau bahwa air di kran mengalir kira-kira 9 liter per menit? Jadi jangan biarkan kran air mengalir tanpa digunakan. Ada beberapa cara supaya bisa menghemat pemakaian air sekaligus menyelamatkan ketersediaan air sepanjang masa :

  • Isi baskom dengan air sebelum mencuci piring di bawah air mengalir
  • Cuci sayuran dan daging secara terpisah dalam wadah yang sudah terisi air kurang lebih 4 liter. Karena akan diperlukan air 15 kali lebih banyak bila melakukannya di bawah air mengalir.
  • Bila menyikat gigi, air yang diperlukan hanyalah untuk membasahi dan membilas sikat gigi, serta berkumur. Jadi jangan biarkan air mengalir sementara sedang menyikat gigi. Dengan demikian sudah terhemat berliter2 air.
  • Gunakan lap dan seember air bila mencuci mobil, jangan menggunakan air mengalir dari selang.
  • Bila mempunyai mesin cuci, maka mencucilah dengan jumlah yang memenuhi kapasitas maksimal dari mesin cuci itu. Hal ini bisa menghemat penggunaan air dan listrik.
  • Mandilah dengan menggunakan shower yang disetel dengan daya pancur sedang, ketimbang dengan gayung. Air bisa dihemat hingga sepertiganya.
  • Sebaiknya kran dan pipa-pipa air diperiksa secara teratur. Bila terjadi kebocoran, segeralah perbaiki.

Happy Hemat!!

3 Comments:

At 12:21 PM, Anonymous Anonymous said...

terima kasih atas tips Hemat Airnya yang sangat berguna..selanjutnya bagaimana ya caranya mencari solusi dengan adanya kebocoran saluran pipa air dirumah..karena kami pusing jika harus membongkar semua instalasi pipa airnya..terima kasih sebelumnya

 
At 1:02 PM, Anonymous Anonymous said...

memang sulit utk ini, jika anda mengetahui jalur-jalur pipa air ini, mungkin anda bisa telusuri dibagian mana lokasi yg lebih lembab, ada kemungkinan kebocoran terjadi disitu. Jadi anda tidak harus membongkar semua jalur pipa...semoga membantu

 
At 2:06 PM, Anonymous Anonymous said...

Sekedar sharing, Saya punya kebiasaan mengecek kebocoran dengan cara menutup semua kran air yang ada di rumah pada malam hari, dan kemudian melihat jarum meteran bergerak atau tidak. Jika bergerak berarti ada yang bocor, kemudian kita cari kebocorannya melalui bunyi-bunyi aneh di jalur pipa air di rumah. Karena tekanan air di malam hari biasanya kuat, sehingga bunyi tekanan air kemungkinan besar pasti terdengar.

Semoga membantu

 

Post a Comment

<< Home