Friday, March 31, 2006

Hemat BBM - Dari Sudut Pandang Teknis

  1. Tekanan ban di angka 32-34 psi (sedikit diatas rekomendasi pabrik)
  2. Lebar telapak ban jangan lebih dari 215.
  3. Saat meluncur/turunan, persneling jangan di posisi Netral, biarkan di D atau gigi 2~3. Efek engine brake terbukti lebih menghemat bbm daripada stasioner.
  4. Nyalakan AC seperlunya saja. Tapi saat ditol, justru nyalakan AC, jangan buka jendela.
  5. Turunkan muatan-muatan tak berguna yg selalu ada di mobil. Pilih karpet mobil yg ringan tapi kuat.
  6. Minta bengkel melakukan setting timing yang tepat sesuai dengan BBM (Premium/Pertamax/Pert+) untuk mobil Anda. Timing terlalu maju bisa menyebabkan ngelitik-boros. Timing terlalu mundur juga bisa boros.
  7. Bersihkan saringan udara (bisa dilakukan sendiri) per 2500 km atau tergantung kondisi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home