Friday, March 31, 2006

Hemat BBM - Dari Sudut Pandang Perilaku

  1. Kebiasaan keluar kantor makan siang/malam, sementara ini dikurangi dulu, sebaiknya bawa bekal/delivery supaya bensin mobil nggak terbuang sia-sia terkena macet, dll.
  2. Jika mau bepergian, ajaklah keluarga/rekan kantor yg mau pergi juga sehingga tidak perlu pakai dua mobil lebih. Kalau perlu patungan ama temen buat beli bensin ;-P
  3. Manfaatkan angkutan umum seperti busway, KA, metromini sebisa mungkin.
  4. Dalam kondisi jalan macet (luar kota), sebaiknya menepi saja, sekalian makan/buang air/isi bensin serta istirahat, tunggulah sampai jalanan tidak macet lagi baru berangkat.
  5. Cara mengemudi harus smooth, kurangi frekwensi pengereman. Antisipasi traffic di depan anda, kalau di depan ada lampu merah, nggak perlu menggeber gas, biarkan mobil meluncur toh kena lampu merah juga. Ingat, jangan nge-gas lalu nge-rem, energi terbuang sia-sia di ban dan kanvas rem.
  6. Carilah rute/jalan alternatif yg tidak macet, agak jauh sedikit tidak apa-apa tetap lebih irit asal lancar.
  7. Jaga kecepatan kendaraan anda pada kecepatan paling efisien (70-80 km/jam @ < 3000 rpm)
  8. Lakukan perpindahan gigi versnelling di rpm dimana mesin mobil Anda mendapatkan torsi yg maksimum (sedikitnya 85% darinya).Data torsi (momen puntir) ini umumnya ada di Owner Manual masing-2x mobil, jika kebetulan tidak memilikinya bisa diambil ancar-2x sekitar 3000 - 5000 RPM utk mobil bensin dan 2000 - 3000 RPM utk mobil diesel.
  9. Lakukan injakan gas dg lembutUntuk ini kata-2x dari James Stewart (mantan Juara Dunia F-1 dariInggris) paling pas "injak gas seolah Anda sedang menginjak telur ayam" perlu kelembutan agar tidak pecah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home