Thursday, March 30, 2006

Berhemat Itu Mudah?

Mungkin banyak diantara anda yang beranggapan bahwa berhemat berkaitan dengan uang. Karena kita pernah mendengar pribahasa "Hemat Pangkal Kaya", maka tidak ada salahnya jika anda menjadikan berhemat sebagai salah satu kiat anda untuk menjadi kaya. Padahal berhemat itu pun bisa dari bermacam-macam aspek; dimulai dari hemat waktu, hemat tenaga dan terlebih memang hemat uang :-)

Kita mudah mengucapkan kata berhemat tapi terkadang sulit untuk melakukannya. Ingin berhemat tapi pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari saja sudah pas-pasan :-(
Apakah anda ingin berhemat tapi tidak perlu pusing harus mengurangi pengeluaran sehari-hari? Apakah anda mau berusaha berhemat tapi tidak perlu merasa sedang berhemat?

Hanya sebuah mimpi belaka jika anda ingin kaya dengan tidak berusaha apa-apa, sangat jarang sekali terjadi orang menjadi kaya mendadak secara tiba-tiba, sekalipun menang undian misalnya...dia pasti juga punya usaha, yaitu dengan mengikuti undian tersebut entah itu membeli sebuah produk berhadiah, kupon undian, kuis sms dan lain sebagainya. Semuanya itu bisa kita sebut sebagai usaha dari mereka, apalagi darimana mereka mendapat biaya atau modal untuk ikut undian tersebut? darimana lagi kalau bukan dari usaha atau kerja mereka sebelumnya pulaaa.....


Kata USAHA bisa tidak selalu diartikan sebagai kata yang mengkondisikan kita harus mempunyai bisnis semacam toko, warung, kios, dagang kecil-kecilan dan sebagainya yang menuntut kita untuk mempunyai modal uang, tapi coba kalau kita mengartikan bahwa usaha itu adalah niat, tekad dan aksi/lakukan untuk melakukan perubahan dalam diri atau hidup kita. Mengutip slogan iklan merk sepatu terkenal JUST DO IT!

Jadi bisa dikatakan bahwa keberhasilan 99% adalah jerih payah dari hasil usaha atau kerja yg dilakukan dan 1% adalah faktor keberuntungan atau ketentuan dari yang Kuasa ;-P Makanya sering kita mendengar orang berkata tentang 3B, yaitu: "Berusaha, Berikhtiar dan Berdoa"

Kapan anda mulai berhemat ?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home